• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    sekedar sawah part 2

    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
       sekedar sawah bagian kedua masih memperlihatkan sawah sebagai objek fotografi, namun kali ini dengan lokasi areal persawahan yang berbeda dibanding sebelumnya. lokasi kali ini masuk wilayah desa kebumen, baturaden, banyumas. tempat ini juga merupakan area favorit saya untuk fotografi pemandangan mulai foto sunrise,sunset,hingga foto gunung slamet dapat dilakukan disini. sekali lagi sekedar posting berbagi karya fotografi sederhana saya

    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
        foto sunset yang saya ambil ketika sawah ditempat ini ditanami padi. tanaman disini berganti ganti pada musim tertentu ditanam padi pada lain musim juga ditanami jagung

    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
       gunung slamet dapat terlihat jelas dari tempat ini. foto ini diambil pada saat padi disawah telah dipanen dan sawah dikeringkan untuk selanjutnya ditanami jagung

    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
    foto sihuete mengandalkan objek beberapa pohon yang berada disana dengan langit berwarna jingga

    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
       sawah padi yang telah berganti ladang jagung. foto diambil pada saat mendung sehingga langit gelap dan terlihat kurang menarik
    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
        langit mendung yang pekat membuat saya merubah foto ke hitam putih sehingga memberi kesan misterius

    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
       senja yang berwarna keunguan di ladang jagung masih dengan objek pepohonan yang sama. foto ini saya ambil dengan cara menggabungkan 5 foto dengan exposure yang berbeda menjadi satu untuk menciptakan foto HDR(high dynamic range). karena keterbatasan alat serta ketiadaan filter GND (grad neutral density.tanpa HDR foto akan gelap bagian tanaman jagung(foreground) jika fokus diarahkan ke langit, begitu juga sebaliknya foto akan terlalu terang bagian langit(background) jika fokus diarahkan ke tanaman jagung.

    panasonic lumix GF5 - lumix x vario 14-42mm pz
       foto ini merupakan salah satu foto sunset terakhir yang bisa saya dapatkan disana, kenapa saya bilang terakhir. karena beberapa saat setelah foto ini diambil dan saya kesana mendapati bahwa objek tiga pohon tinggi yang berada di ujung tanaman jagung telah ditebang. buat saya pohon tersebut merupakan bagian utama dalam komposisi foto. yakni sebagai objek penghubung antara langit dan ladang jagung. selain itu hal yang umum adalah sebagai objek peletakan posisi rule of third. jadi dengan ketiadaan pohon tersebut ketika ke sana sekarang hampir tidak mungkin mendapatkan foto seperti ini lagi. mungkin demikian saja posting saya kali ini. semua foto diatas diambil menggunakan kamera mirorless lumix GF5 dengan lensa kit x vario 14-42mm pz

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar