• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    curug telu

    canon powershoot A1400
        curug telu adalah sebuah nama air terjun yang berada di kecamatan baturaden, banyumas. lokasi tepatnya ialah termasuk dalam wilayah desa karang salam. curug ini termasuk tempat wisata baru yang mulai populer awal tahun 2015. mungkin sekarang sudah banyak yang tahu..namun bagi yang belum pernah berkunjung..tempat ini merupakan tempat yang tepat dan layak dikunjungi. dan postingan kali ini merupakan hasil kunjungan yang saya lakukan awal tahun 2015 lalu, selain penasaran saat itu juga saya ingin mencoba kemampuan kamera pocket murah yang sebenarnya saya beli khusus untuk street fotografi


    canon powershoot A1400
        bagi yang belum tahu jalan menuju kesana. maka sebagai patokan dari arah purwokerto menuju baturaden sebelum melewati gerbang pertama ambil jalan ke kanan.dan ikuti jalan itu sampai melewati jembatan dan setelah bertemu pertigaan ambil ke kanan menuju arah desa karang salam (selanjutnya disarankan untuk bertanya warga jika kebingungan)

    canon powershoot A1400
        curug telu dinamakan demikian karena dalam satu komplek wisata terdapat tiga aliran air terjun yang menjadi satu. namun hanya satu aliran yang begitu dominan ( foto diatas ) 2 aliran air terjun yang lain memiliki debit air yang lebih kecil dan kurang begitu menarik sehingga tidak saya abadikan dalam foto. namun jika mau mengeksplore masih di sekitar curug telu terdapat beberapa curug lagi.dan hanya 2 yang sempat saya kunjungi selain curug telu. untuk lokasi lebih jelasnya bisa ditanyakan kepada warga atau petugas parkir disana. 

    canon powershoot A1400
        potret curug telu diambil dari atas dipadu dengan framing dedaunan. untuk menuju ke curug telu kita harus menelusur jalan menurun menuju ke sungai. pada saat saya kesana sebagian jalannya masih jalur alami berupa tanah ,namun mendekati curug jalan sudah dibuat bertangga lengkap dengan pegangan di sampingnya. disana juga terdapat warung yang sekedar menjual minuman maupun makanan ringan

    canon powershoot A1400
        sebuah jembatan aliran pipa air melintas di dekat curug telu. sebelum sampai ke curug telu ketika kita menelusuri jalan menurun sebenarnya terdapat curug yang cukup tersembunyi karena lokasinya berada di dalam sebuah gua. meski tidak sebesar curug telu namun tempat yang layak dikunjungi. tetapi pada saat saya kesana akses jalannya kurang baik.

    canon powershoot A1400
        curug bidadari adalah nama curug yang kita lewati sebelum curug telu. namun dengan akses yang lumayan sulit pada saat itu. sebuah air terjun yang tersembunyi di dalam sebuah gua yang berukuran tidak terlalu besar. namun patut diwaspadai karena batuan sekitar gua cukup licin karena penuh dengan lumut

    canon powershoot A1400
        potret curug bidadari yang diambil menggunakan kamera pocket murah dengan bantuan tripod. mencoba teknik slow speed namun kurang maksimal karena kamera tidak memiliki kemampuan kontrol secara manual

    canon powershoot A1400
        di bagian bawah curug bidadari terdapat sendang(semacam kolam) layaknya pemandian. itulah kenapa ada juga yang menyebut tempat ini sendang bidadari. tempat ini cukup menarik bagi penyuka fotografi pemandangan

    canon powershoot A1400
        potret bagian dinding gua yang saya potret menggunakan bantuan flash, karena jika tanpa flash maka dinding gua akan gelap. ini pun dengan keterbatasan flash bawaan kamera sehingga penerangan kurang maksimal. maka sangat disarankan membawa flash eksternal yang memiliki kekuatan dan jangkauan penerangan lebih luas. 

    canon powershoot A1400
        masih disekitar curug telu terdapat satu lagi curug yang lokasinya cukup jauh dan terpencil yakni curug moprok. untuk kesana sangat disarankan bertanya ke warga atau petugas sekitar. jalan kesana juga harus melewati sawah warga yang kemudian dilanjutkan dengan melalui jalan setapak yang berada di pinggir tebing untuk turun ke arah sungai. foto diatas merupakan tebing seberang sungai yang saya lalui

    canon powershoot A1400
        setelah menelusuri setapak dan menurun menuju ke arah sungai. perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri sungai (benar-benar harus masuk ke air) karena jalan cuma bisa lewat sungai. harus waspada karena batuan yang cukup licin dan ada beberapa bagian yang ber arus deras. setelah berjalan kurang lebih 30 menit maka sampai dan terlihatlah sebuah air terjun yang cukup tinggi melebihi tinggi curug telu. tempat yang indah dan cukup puas melihatnya. tetapi saya tidak merekomendasikan karena medan jalan yang kurang baik

    canon powershoot A1400
        sebuah foto terakhir yang saya ambil dari lereng tebing. di potret ketika dalam perjalanan menuju curug moprok.sebuah foto sederhana berupa hutan bambu yang cukup menarik karena saya belum pernah melihat penampakan yang seperti ini. dan disekitar tempat saya tinggal pohon bambu hampir jarang ditemui. maka demikianlah postingan kali ini semoga berkenan dengan foto-foto sederhana yang saya tampilkan. semua foto saya ambil menggunakan kamera pocket murah dengan fitur yang sangat standar yakni canon powershoot A1400. Terima kasih

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar