• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    curug nangga

    canon powershoot A1400
        curug nangga adalah sebuah air terjun yang cukup populer dan terbilang baru. namun kini mungkin sudah banyak yang tahu tempat ini. jadi tidak ada salahnya saya juga turut serta mempostingnya meskipun cukup terlambat. karena saya berkunjung kesana sekitar pertengahan tahun 2015 dimana saat itu air terjun ini sangat populer dan banyak dikunjungi orang. bagi yang belum tahu ,curug nangga sendiri berlokasi di desa Petahunan, kecamatan Pekuncen (ajibarang), kabupaten Banyumas. akses masuknya melalui sebuah jalan desa jika dari arah purwokerto( melalui jalan utama purwokerto-bumiayu ) jalan masuknya terletak di sebelah kiri jalan( ada spanduk lokawisata curug nangga ) atau kurang lebih 100 meter dari rumah makan Sumber Alam. selanjutnya tinggal menelusuri jalan desa sampai lokasi.


    canon powershoot A1400
        sesampainya dilokasi kita cukup membayar uang parkir dan tiket masuk yang harganya cukup terjangkau. namun kita masih harus berjalan menurun melalui pematang sawah ke lokasi air terjun yang berada di bawah sementara tempat kita parkir berada di pemukiman warga di atas bukit. sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan sawah pedesaan seperti foto diatas. diambil saat perjalanan menuruni pematang sawah. beruntung saat saya berkunjung cuaca sangat cerah. sehingga mampu menghasilkan foto yang cukup memuaskan meski hanya menggunakan kamera pocket.

    canon powershoot A1400
        pemandangan sawah terasering yang cukup indah dan menarik. cahaya pagi yang cukup kuat membuat padi banyak memantulkan refleksi cahaya matahari sehingga saya memilih menjadikan foto diatas hitam-putih. mendekati air terjun di sepanjang jalan mulai banyak warung-warung penjual makanan dan minuman, jalanan juga dibuat bertangga menggunakan bebatuan sehingga nyaman untuk dipijak dan juga mencegah jalan licin ketika hujan.

    canon powershoot A1400
        sepanjang perjalan menuruni sawah kita juga disuguhi area perbukitan sekitar desa yang masih alami ( berupa hutan dengan pepohonan lebat ). seperti foto diatas saya potret menggunakan fitur tele kamera pocket yang saya zoom secara maksimal untuk mengisolasi objek( berfokus pada pepohonan ) sehingga menciptakan komposisi berupa pattern. yaitu sebuah foto yang dipenuhi oleh objek yang sama dengan jumlah banyak yang tersusun memenuhi keseluruhan frame foto.

    canon powershoot A1400
        pemandangan curug nangga. setelah berjalan menurun sekitar 15 menit maka akan terlihat penampakan air terjun seperti foto diatas. nama curug nangga sendiri tercipta karena susunan air terjun ini yang bertingkat terdiri dari 7 tingkat sehingga seolah seperti tangga. dan mungkin ini curug satu-satunya di area banyumas yang memiliki air terjun sebanyak 7 tingkatan. dan saya beruntung datang ke lokasi pagi hari sehingga belum banyak orang yang datang dan bisa memotret pemandangan dengan baik tanpa adanya penampakan orang masuk ke dalam frame foto.

    canon powershoot A1400
        potret salah satu air terjun yang saya ambil secara close-up. ketika mencapai air terjun saya ingin memotret setiap tingkatan air terjun. namun, semakin banyaknya orang datang membuat saya kesulitan mendapatkan foto yang bersih dari penampakan orang. sehingga sebagai alternatif saya memotret secara dekat seperti foto diatas. dan saya rubah ke hitam-putih untuk mengesankan foto secara abstrak

    canon powershoot A1400
        penampakan curug nangga dari kejauhan. diambil dalam perjalanan pulang yang cukup melelahkan karena harus berjalan mendaki menuju tempat parkiran yang berada diatas. foto diatas diambil dengan sedikit menelusuri pematang sawah untuk mendapatkan angle yang sedikit berbeda.

    canon powershoot A1400
        perbukitan sekitar yang dipenuhi pepohonan tinggi dipadu dengan tanaman padi yang saya manfaatkan sebagai foreground. foto dirubah menjadi hitam putih untuk menampilkan kesan misterius juga menyamarkan warna tanaman padi sehingga seolah terlihat seperti rerumputan biasa.

    canon powershoot A1400
        area persawahan yang menurut saya cukup indah dengan banyaknya terasering. selain air terjun sebagai daya tarik utama , pemandangan sekitar tempat ini juga cukup indah dan menarik terlebih dilihat dari topografi wilayah ini yang merupakan area perbukitan yang cukup tinggi menjadikan tempat ini juga sangat cocok untuk para penyuka fotografi pemandangan(landscape), namun cukup sulit karena untuk mendapatkan foto terbaik harus bersaing dengan para penyuka selfie.

    canon powershoot A1400
        sebuah foto terakhir yang mengakhiri postingan kali ini. pemandangan dari atas (dekat tempat parkir). sedikit terlihat area pemukiman yang berada di perbukitan seberang. foto diambil memanfaatkan fitur tele dengan zoom secara maksimal. meski berbekal kamera pocket tetapi cukup puas dengan hasil foto yang didapat. semoga postingan ini mampu memberikan pemandangan curug nangga secara berbeda. semua foto diambil menggunakan kamera pocket canon powershoot A1400. Terima kasih

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar