• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    muara serayu part 1

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        muara serayu menjadi tempat kunjungan saya kali ini. sebuah area tempat akhir perjalanan panjang sungai serayu( sungai terpanjang ke-2 di jawa tengah ) melintasi lima kabupaten yakni wonosobo, banjarnegara, purbalingga, banyumas, dan terakhir bermuara di cilacap. area tempat saya memotret ini masuk wilayah desa slarang - kecamatan kesugihan, cilacap. jika dari arah purwokerto setelah melewati pertigaan adipala maka setelah terlihat ada masjid di tikungan jalan utama(purwokerto-cilacap)masuk ke jalan kecil sebelah masjid dan terus saja ke arah selatan sampai akhirnya nanti jalan berakhir di areal persawahan seperti foto diatas. selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah muara. dari areal persawahan terlihat juga penampakan PLTU karang kandri.


    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        pemandangan persawahan tempat saya meninggalkan motor. dari tempat ini sebenarnya bisa sedikit lebih jauh menggunakan motor. tapi tidak disarankan karena jalan yang dilewati berupa pematang sawah tidak terlalu lebar jadi lebih baik dilanjutkan dengan jalan kaki. tujuan saya kesini selain karena kesukaan saya untuk mengeksplorasi tempat-tempat baru. tetapi, juga untuk mentest kamera film yang tempo hari saya gunakan untuk memotret project pertama saya. namun kali ini saya menggunakan roll film yang berbeda.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        semakin ke arah muara pemandangan sekitar sedikit berubah. karena kali ini lebih terlihat seperti area rawa.. dengan banyaknya kolam-kolam genangan air yang tidak terlalu dalam dan banyaknya tanah berlumpur disepanjang perjalanan. ditempat ini juga saya kerap kali melihat penampakan sekumpulan burung semacam jenis bangau putih ( disini disebut kuntul ). dan mereka cukup banyak tersebar disekitar area rawa yang mungkin memang habitat mereka. sayang keterbatasan focal lensa yang saya miliki membuat saya tidak mampu mengabadikan foto burung tersebut. tetapi, setidaknya saya tahu tempat ini bisa dijadikan spot fotografi alam liar (wildlife).

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        sebuah pemandangan tower sumber tegangan. foto saya ambil secara vertikal agar mampu menangkap keseluruhan tower beserta refleksi yang tampak dipermukaan air. dan saya tambahkan pula rumput dan sedikit tanaman mengapung( mungkin semacam eceng gondok )di bagian sudut frame sebagai elemen foreground dan point of interest.
    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        semakin kearah muara maka akan terlihat aliran air seperti sungai kecil seperti foto diatas. tetapi, sebenarnya itu bukanlah sebuah sungai. karena jika ditelusuri ke arah hilir ternyata berakhir dengan jalan buntu. jadi itu merupakan aliran air yang terbentuk karena pengikisan oleh ombak yang terjadi terus menerus sehingga membentuk seperti sungai kecil. disepanjang aliran air juga terdapat tanaman yang cukup unik( saya baru pernah melihatnya ) mungkin tanaman khas yang terdapat di area muara sungai.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        sepanjang perjalan ke arah muara saya menelusuri tepian aliran air. dan semakin ke arah muara terlihat pula penampakan PLTU karang kandri yang semakin jelas. dan terlihat pula langit di selatan( arah laut ) semakin gelap membuat saya cemas akan datangnya hujan. dan disekitar tempat ini merupakan area terbuka dimana tidak ada tempat berteduh sama sekali.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        pemandangan diseberang aliran air. terlihat pula penampakan PLTU bunton yang terdapat diseberang sisi lain sungai serayu. PLTU bunton dan PLTU karang kandri lokasinya berdekatan hanya saja dipisahkan oleh muara sungai serayu.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        setelah berjalan menelusuri aliran air. akhirnya terlihat pemandangan lautan lepas. disinilah berakhirnya jalan setapak yang saya lalui. dan semakin jelas terlihat pula langit gelap di arah lautan. dan karena exposure yang kurang tepat (cenderung overexposure) gelapnya langit kurang tertangkap dengan baik.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        potret tanaman unik yang ada disepanjang aliran air. karena menarik saya jadikan tanaman ini sebagai foreground dalam komposisi foto saya. jika dicermati pada foto diatas dan sebelumnya terdapat lingkaran hitam di tepian muara. itu adalah sebuah ban mobil yang diletakan secara tegak. entah siapa dan untuk apa  meletakan ban itu disana.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        tempat saya berdiri ini ternyata bukan akhir dari muara. dan tempat ini merupakan tempat bertemunya dua aliran air. pertama adalah aliran yang saya telusuri dan yang kedua adalah yang saya foto diatas. entah apakah itu juga aliran air yang sama ataukah kali ini benar-benar sebuah sungai kecil.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        semakin jelas terlihat penampakan langit gelap dari arah laut. dan cukup kesal ternyata keberadaan aliran air diatas membuat saya belum bisa mencapai muara secara langsung. terkecuali, jika saya mau menyebrangi aliran air ( yang dalamnya tidak diketahui ) tersebut maka saya akan mencapai pantai dan muara serayu.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        potret tepian muara yang saya ambil dari tempat saya berpijak. sangat disayangkan tidak bisa mengakses kesana secara langsung. dan cukup melegakan. meski di arah laut langit gelap tapi dari arah sebaliknya langit cukup cerah( sedikit terlihat birunya langit pada foto diatas) sehingga tidak takut adanya hujan.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        foto terakhir yang saya ambil ditempat ini sebelum saya berbalik arah untuk kembali menelusuri jalan pulang. memanfaatkan tanaman kecil sebagai elemen foreground dan PLTU karang kandri sebagai elemen background. jika ada objek menarik di area sungai ( misal orang menyeberang atau menjala ikan )mungkin membuat foto ini lebih menarik karena memiliki elemen tambahan berupa midground. sehingga foto ini akan memiliki tiga elemen layer.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        foto PLTU karang kandri yang saya ambil ketika dalam perjalan pulang. foto saya arahkan lebih ke langit karena formasi langit mendung yang cukup menarik dan sedikit terlihat birunya langit. karena keterbatasan focal lensa yang saya miliki sehingga tidak ada elemen rawa yang saya tampilkan. karena saya berfokus menangkap formasi awan mendung berikut birunya langit. dan itupun masih kurang lebar terlihat dengan sedikitnya langit biru yang tertangkap.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        potret salah satu lahan pertanian disekitar rawa yang ditanami tanaman kacang-kacangan. saya mencoba mengambil komposisi secara layering. konsep layering yang dapat saya pahami yaitu dengan mengambil beberapa eleman objek sehingga menghasilkan foto yang memiliki lapisan yang berbeda idealnya dibedakan secara bentuk dan warna. melihat foto diatas maka genangan air sebagi lapisan pertama, lahan pertanian lapisan kedua,dan sumber tegangan beserta langit sebagai lapisan ketiga. ketiganya memiliki elemen warna yang berbeda sehingga mempertegas membagi ke dalam tiga lapisan.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        potret rawa disekitar muara. kali ini saya menggunakan konsep layering secara point of interest. yang membedakan dengan foto sebelumnya yakni elemen foto tidak harus membagi foto secara tegas baik secara bentuk maupun warna. namun, memiliki unsur foreground, midle ground, dan background. rumput dibawah sebagai foreground, rumput ditengah kolam sebagai point of interest dan bagian dari midle ground, PLTU beserta langit sebagai background.

    minolta sr-7(model v) - minolta md w.rokkor x 35mm 2.8 - kodak colorplus 200
        pemandangan PLTU karang kandri yang seolah dikelilingi oleh rawa. merupakan foto frame pertama dari roll film yang saya gunakan kali ini. juga sebagai foto terakhir yang mengakhiri postingan kali ini. semoga berkenan dengan postingan sederhana saya. foto diambil tidak jauh dari tempat saya meninggalkan motor. semua foto diambil menggunakan kamera film slr : minolta sr-7(model v) dengan lensa md w.rokkor x 35mm 2.8 - film : kodak colorplus 200. terima kasih

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar