• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    sekedar sawah part 5

    canon powershoot A1400
        sekedar sawah kali ini merupakan kunjungan saya ke suatu area persawahan yang lokasinya cukup jauh dari tempat saya tinggal. yakni persawahan di wilayah desa ketenger , baturaden. tepatnya di jalan baturaden barat jika dari purwokerto lewat jalan utama maka setelah sampai terminal baturaden belok kiri dan ikuti jalan terus turun sampai melewati sekolah teologi dan anda akan melihat hamparan area sawah. namun sangat disayangkan anda tidak akan menyaksikan lagi beberapa pemandangan pada postingan kali ini termasuk foto diatas. karena semua foto merupakan hasil kunjungan saya akhir tahun 2015. dan seperti yang mungkin kalian tahu ditempat tersebut telah berdiri tempat wisata baru (tepat di area lahan pisang foto diatas) yaitu small world. jadi postingan kali ini merupakan sedikit kenangan yang tersisa dari tempat itu di masa lalu.


    canon powershoot A1400
        penampakan gunung slamet hari itu. pemandangan ini bisa dilihat jika datang dari arah purwokerto melalui jalan raya baturaden barat. beruntung cuaca cukup cerah dengan langit biru yang bersih. saya sangat kagum dengan keadaan langit hari itu karena cukup jarang terjadi langit begitu bersih tanpa awan.

    canon powershoot A1400
        area persawahan tempat saya menghentikan motor saya dan mulai memotret pemandangan yang ada disekitar. untuk pemandangan perbukitan tinggi seperti diatas masih bisa ditemui, karena sawah ini tidak tersentuh pembangunan small world. tetapi, siapa tahu suatu saat nanti tempat ini tidak terlihat lagi.

    canon powershoot A1400
        foto perbukitan tinggi yang terlihat di foto sebelumnya. saya gunakan fitur tele kamera pocket saya untuk men zoom secara maksimal. bagi yang belum tahu foto diatas sebenarnya adalah bukit cendana yang terlihat dari area baturaden karena cukup menjulang tinggi dan terlihat berbeda. untuk penampakan lebih dekat lagi mungkin bisa liat postingan saya bukit cendana.

    canon powershoot A1400
        potret persawahan yang saya ambil secara vertikal untuk menampilkan pematang sawah. seolah menunjukan jalan menuju ke area perbukitan. foto saya rubah menjadi hitam-putih untuk mengesankan gaya landscape secara klasik. dan disini saya juga menyadari bahwa cuaca cerah juga mampu menghasilkan foto hitam-putih yang dramatis. selama ini mungkin banyak beranggapan bahwa hitam-putih adalah solusi (termasuk saya) ketika keadaan langit kurang mendukung (tidak cerah) . namun menurut saya sebenarnya hitam-putih adalah pilihan. dan untuk menghasilkan foto hitam putih yang baik anda juga perlu keadaan cuaca yang baik. dan terlihat langit biru cerah mampu menampilkan nuansa berbeda dalam foto hitam-putih.

    canon powershoot A1400
        sebuah aliran sungai kecil yang digunakan untuk mengairi sawah-sawah disekitar area ini. foto saya ambil secara vertikal agar mampu menampilkan sebagian aliran sungai berikut langit biru yang cerah hari itu.

    canon powershoot A1400
        lahan pertanian ini merupakan area tempat berdirinya small world. entah karena tanah disini kurang subur atau karena hal lain. lahan ini beralih menjadi sebuah tempat wisata. terlihat banyaknya penyangga bambu yang umumnya digunakan untuk tanaman jenis kacang-kacangan dan juga cabai. dan untuk foto ini saya memilih hitam-putih untuk menampilkan kesan seolah memperlihatkan sebuah jalan menuju ke suatu tempat.

    canon powershoot A1400
        foto ini saya ambil dari tepi jalan tepat dibawah pohon yang teduh, membuat area sekitar tanaman menjadi gelap,sehingga saya menggunakan flash bawaan kamera untuk membantu pencahayaan. tanaman tersebut saya jadikan foreground dalam foto sehingga menghasilkan komposisi layering yang lebih berwarna.

    canon powershoot A1400
        pemandangan gunung slamet saya ambil secara vertikal untuk menampilkan jalan sebagai komposisi leading line. yaitu dengan memanfaatkan elemen dalam foto yang seolah mengarahkan pandangan ke point of interest foto dalam hal ini gunung slamet sebagai point of interest dan jalan ini mengarahkan menuju kesana. meskipun konsep leading line lebih populer untuk foto street atau human interest dengan kecenderungan manusia sebagai point interestnya. namun, saya pikir konsep ini bisa diaplikasikan di semua genre fotografi.

    canon powershoot A1400
        foto diatas dan foto-foto selanjutnya masih diambil ditempat yang sama namun di waktu yang berbeda yakni beberapa bulan setelahnya saat dimana padi di sawah mulai menguning dan siap untuk dipanen. warna padi yang menguning membuat foto lebih berwarna dipadu dengan birunya langit saat itu yang lagi-lagi keadaannya sangat cerah.

    canon powershoot A1400

        sebuah pohon pisang yang seolah berdiri sendiri ditengah-tengah tanaman padi, diambil menggunakan fitur tele yang di zoom secara maksimal, dan lagi foto ini juga menggunakan konsep layering dengan elemen warna yang menurut saya cukup menarik.

    canon powershoot A1400
        sampai jumpa.. sebuah kalimat yang seolah disampaikan oleh tempat ini kepada saya. tempat yang tidak sama lagi ketika saya potret sekarang. tempat yang seolah menampilkan pemandangan terakhirnya pada saya sebelum semua berubah. dan tugas sebagai fotografer untuk merekam semua keindahan tersebut memindahkanya ke dalam suatu tempat abadi yang bernama " foto". sebuah pose bayangan saya memotret ikut terekam. adalah sebuah bentuk hormat saya kepada sang pencipta atas keindahan alam ini.(sebenarnya cuma sedikit selfie). mungkin cukup sekian saja postingan kali ini. semua foto saya ambil menggunakan kamera pocket canon powershoot A1400. terima kasih

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar