• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    welahan wetan part 2

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        welahan wetan part 2 merupakan kunjungan saya kesekian kalinya ketempat ini. sebuah desa di pesisir pantai selatan jawa. sebuah tempat dimana semuanya bermula(mengawali ketertarikan saya terhadap fotografi). dan yang membuat saya kembali ke tempat ini adalah untuk mendefinisikan kembali alasan kenapa saya memotret ditengah menurunnya gairah memotret saya karena keadaan jiwa yang kosong(merasa galau). berbekal jiwa yang kosong dan tas yang berisi kamera. saya kesana mencari jati diri yang sesungguhnya ( masih galau ). selain itu tujuan saya kesana juga untuk mengetest kamera analog rangefinder yang baru saya restorasi ( pembersihan chamber film dan penggantian lightseal ). untuk yang belum tahu mengenai desa welahan wetan mungkin bisa membaca di postingan sebelumnya.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        perjalanan saya memotret kali ini saya mulai di area muara sungai kecil. dimana pada postingan sebelumnya ditempat ini sedang dilakukan sebuah proyek pembangunan semacam tanggul. terlihat gundukan pasir tertumpuk di dekat pantai. dan saya mendapat info bahwa pembangunan seperti tanggul itu adalah untuk pembuatan budidaya tambak udang dan lobster oleh perusahaan( konon katanya) asal jepang

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        sebuah bangunan di area pembangunan tanggul. bangunan, tempat, dan sudut yang sama seperti di postingan sebelumnya. namun dengan kondisi yang sedikit berbeda dimana bangunan sudah menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. dan yang paling membedakan tentu kualitas gambar dari foto yang diambil. meski diambil menggunakan kamera yang berbeda namun masih menggunakan roll film dengan tipe yang sama(kodak proimage 100 expired 2008). dan saya cukup kagum dengan hasilnya. dimana mampu menangkap detail warna lebih baik. entah karena kamera yang digunakan atau kondisi film expired yang lebih baik dari sebelumnya. mungkin bagi yang belum tahu mengenai roll film expired akan saya jelaskan dibawah.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        film expired adalah film yang telah kadaluarsa. dimana film biasanya terdapat tanggal kadaluarsa yang dijadikan patokan bahwa film akan tetap terjaga kualitas gambarnya jika digunakan sebelum tanggal tersebut. tetapi, bukan berarti film yang telah lewat tanggal kadaluarsa sudah tidak dapat digunakan. film tersebut masih dapat digunakan namun dengan kualitas gambar yang tidak lagi sebagus film fresh( belum kadaluarsa) karena terjadi penurunan kualitas ( biasanya berupa perubahan warna ,bertambahnya grain,serta turunnya nilai asa). dan kualitas film expired sangat dipengaruhi oleh cara penyimpanan film itu sendiri. yakni suhu ruangan yang tinggi tentu akan mempercepat penurunan kualitas film. itulah mengapa film idealnya disimpan dalam kulkas dengan suhu rendah untuk memperlambat bahkan menghentikan proses penurunan kualitas film( jika disimpan di frezzer )

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        sebuah gundukan pasir sama seperti foto sebelumnya diatas. namun, saya ambil menggunakan sudut yang sedikit berbeda. saya ingin mengesankan seolah seperti landscape pegunungan dipadu dengan tampilan refleksi di permukaan air

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        salah satu sudut muara. saya ambil secara vertikal untuk menampilkan refleksi awan yang cukup menarik pada saat itu. tetapi karena mungkin exposure yang kurang tepat.(sedikit overexposure ) membuat detail langit kurang tertangkap dengan baik

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        salah satu area yang sedang dalam proses perataan tanah menggunakan alat berat. entah proyek apa yang akan dibangun ditempat ini. lahan yang saya potret ini dulunya merupakan lahan pertanian warga.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        pemandangan area muara sungai. terlihat beberapa tanaman kelapa yang masih kecil. disekitar tempat ini terutama area dekat pantai banyak terdapat tanaman kelapa dari yang masih kecil sampai yang sudah cukup besar( sudah bisa menghasilkan kelapa )

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        foto sederhana yang menurut saya cukup menarik. di bagian dalam air terlihat daun pohon kelapa kecil yang entah karena terhanyut ataukah pohon kelapa kecil yang tenggelam air pasang. dan di bagian atas foto terdapat objek serupa pohon kelapa kecil yang berada ditepian pantai. itulah mengapa saya memotret secara vertikal agar dapat menampilkan kedua objek yang sama. dimana seolah keduanya berada di dua dunia yang berbeda.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        lahan pengerjaan proyek yang sama seperti foto sebelumnya namun saya ambil secara vertikal agar mampu menampilkan tekstur tanah yang sebagian terdapat genangan sisa air. dan pohon kelapa yang berdiri sendiri menjadi point of interest dalam foto ini.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        ketika saya kesana cuaca cukup cerah disekitar pantai dan arah laut. namun, dari arah sebaliknya terlihat awan mendung yang cukup pekat seolah akan hujan. dan foto diatas adalah salah satu penampakan awan gelap. dipadu dengan cahaya matahari dibalik awan yang menembus tepian awan menghasilkan garis-garis cahaya yang cukup indah.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        perjalanan saya selanjutnya adalah mengunjungi area tepian pantai. kurang puas jika kesana belum melihat indahnya pantai selatan jawa. foto ini saya ambil karena tertarik dengan penampakan formasi awan tebal yang berasal dari arah daratan.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        pohon jenis cemara ini juga salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam disekitar area pantai bersanding dengan banyaknya tanaman kelapa yang masih kecil. mungkin beberapa tahun lagi tempat ini akan menjadi area yang lebih teduh dan indah dengan banyaknya pepohonan sekitar pantai.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        sekedar memandang ke lepas pantai. tertarik dengan awan yang terlihat sendiri melayang ditengah birunya langit. sebuah pemandangan sederhana yang sedikit menyegarkan jiwa yang kosong (galau masih melanda). keadaan pantai yang sepi menjadikan tempat yang tepat untuk duduk merenung mendefinisikan kembali apa arti kehidupan kita. namun panasnya sengatan matahari membuat saya tidak kuat duduk berlama-lama disana.

    ricoh 500GX - kodak proimage 100
        sebuah foto terakhir saya disana sebelum beranjak pulang mengakhiri postingan penuh kegalauan kali ini. foto pemandangan pantai dihias rimbunya pepohonan kelapa yang berukuran sedang ditepian pantai. sebuah pantai sepi di desa welahan wetan yang mungkin cocok untuk orang-orang yang tidak menyukai keramaian dan lebih ingin merenung dan sendiri dipantai. mungkin cukup sekian saja postingan kali ini. semua foto diatas diambil menggunakan kamera film rangefinder ricoh 500GX dengan film kodak proimage 100 (expired 2008). terima kasih.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar