• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    padang rumput part 2

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        padang rumput part 2 sama seperti postingan sebelumnya merupakan kunjungan saya ke sebuah area padang rumput. lebih tepatnya adalah sebuah area peternakan sapi. namun kali ini saya mengunjungi area peternakan sapi yang berbeda dibanding postingan sebelumnya(padang rumput part 1). yaitu yang berlokasi di wilayah desa limpakuwus, baturaden. aksesnya cukup mudah yakni jika anda berkunjung ke baturaden anda tinggal mengikuti jalan yang mengarah ke objek wisata telaga sunyi. setelah mencapainya kita tidak berhenti namun terus mengikuti jalan aspal ke atas. maka tidak lama akan sampai di area rerumputan cukup luas dan terbuka yang sebagian besar ditanami rumput gajah untuk pakan sapi dan jika terus ditelusuri maka jalan akan mengarah dan melewati  peternakan sapi limpakuwus.


    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        perjalanan saya kali ini dilakukan di pagi hari sekitar jam 8 pagi sudah berada disana. untuk area sekitar peternakan sapi ini jalan sudah beraspal halus dan cukup sepi. kita bisa bebas parkir di tepi jalan. tujuan saya saat itu selain karena ingin memotret juga ingin mengetest sebuah fitur kamera yang cukup menarik yang dimiliki Nikon. yakni picture control dimana kita bisa menciptakan dan menginstal tone photo yang unik termasuk tone khas di era fotografi film dimana tiap film memiliki karakter yang berbeda. dan picture control yang saya gunakan saat itu adalah "kodachrome".

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        kodachrome sendiri adalah film legendaris yang sangat unik dan memiliki tone warna yang sangat khas. bahkan cukup favorit di kalangan photojournalist masa itu. karena rendering warnanya yang menakjubkan. meskipun saya kini memotret juga menggunakan film tetapi saya tidak punya kesempatan mencoba film tersebut karena sudah tidak diproduksi sejak tahun 2009. karena itu saya tertarik mencoba meskipun hanya melalui picture control kodachrome.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        area rerumputan sekitar peternakan menjadi tempat saya memotret dan mencoba picture control kodachrome. beruntung cuaca saat itu sangat cerah dengan langit biru yang bersih membuat pemandangan disana begitu indah. foto diatas diambil di salah satu area rerumputan saya komposisi secara diagonal membagi sama rata antara langit dan rerumputan dengan pohon sebagai point of interest.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        pohon yang sama dengan foto sebelumnya namun diambil ditempat dan sudut yang berbeda. terlihat pula dua pohon lain dikejauhan. area sekitar peternakan cukup luas dan beberapa spot tempat yang bagus bisa diakses dengan motor. namun daripada repot berapa kali berhenti maka lebih baik dilakukan dengan berjalan kaki sembari olahraga.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
         salah satu pemandangan yang hanya bisa diakses dengan berjalan kaki. dengan sedikit menaiki bukit yang berada di dekat kawat pembatas peternakan. terlihat seperti sebuah jalan yang dipenuhi bunga-bunga berwarna kuning yang meski ukurannya kecil namun cukup terlihat dengan jelas.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        potret salah satu pagar kawat pembatas peternakan sapi. tepat di balik pagar ini tempat sapi biasa dilepas untuk memakan rumput. biasanya sapi dilepas di pagi hari ketika cuaca cerah. foto saya ambil secara close up berfokus pada pagar besi dan kawat berduri yang dari warnanya terlihat cukup berkarat dan kontras dengan warna rumput.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        sapi yang sedang memakan rumput. saya potret dengan sederhana yakni menempatkan sapi sesuai komposisi rule of third. background di belakang yang terdiri dari barisan pepohonan pinus juga cukup kontras dengan warna rerumputan.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        foto yang sama dengan sebelumnya hanya saja dengan objek sapi yang berbeda dan juga diambil dengan sudut dan layout yang beda pula. foto saya ambil secara vertikal untuk sedikit menampilkan keindahan gunung slamet saat itu yang terlihat jelas dan cukup dekat.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        mencoba mendekat ke salah satu area pepohonan yang terdiri dari beberapa jenis pohon yang berbeda. saya potret secara ketat menggunakan komposisi layering. dengan 3 elemen yakni rerumputan, pepohonan, dan langit biru yang cukup kontras terlihat.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        potret yang sama dengan foto sebelumnya hanya saja kali ini diambil secara vertikal dan lebih banyak menampilkan porsi langit biru yang cerah. selain itu foto diambil dengan bukaan lebar sehingga terlihat background cukup blur( tidak fokus ).

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        sebuah tiang listrik sederhana yang saya potret. secara komposisi mungkin tidak ada yang menarik. namun ketika saya memotret saya melihat penampakan gunung sindoro-sumbing di kejauhan. saya framing tiang tepat diantara kedua gunung. namun keterbatasan kemampuan lensa membuat tidak tertangkap dengan baik.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        sebuah tiang listrik lagi-lagi saya jadikan objek foto. untuk foto ini saya tertarik karena secara tidak sengaja mengcapture seekor burung terbang tepat di bagian kanan atas foto. meski hanya terlihat kecil tapi buat saya cukup menarik.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        salah satu sudut peternakan sapi dengan pagar yang tersusun dari batang bambu. namun tetap dengan struktur utama yang terbuat dari besi dan kawat berduri. terlihat pula seekor sapi di rerumputan yang hanya terlihat sebagian

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome
        foto terakhir yang saya ambil disana. gunung slamet yang terlihat sangat jelas dengan cuaca yang sangat cerah saat itu. meski tidak menggunakan kodachrome yang sebenarnya. saya cukup puas mencoba versi digitalnya dan saya melihat kemiripan tingkat kesulitan juga dimana kodachrome membutuhkan eksposure yang tepat meleset 1 stop saja fatal. dan itu saya alami juga disini yang menggunakan kamera digital. untuk mendapatkan warna yang sesuai tidak bisa mengandalkan hasil metering kamera. umumnya saya under eksposure 1 stop dari pembacaan metering kamera untuk menghasilkan warna yang sesuai. selanjutnya tiap foto juga saya sesuaikan lagi di bagian highlight, shadow, contrast, dan color saturation. demi mendapatkan hasil semirip mungkin. namun tetap tidak seindah kodachrome aslinya. dan demikian saja postingan kali ini. saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkenan membaca postingan sederhana saya. semua foto diambil menggunakan kamera mirorless nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4 - picture control kodachrome.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar