• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    teluk penyu part 2

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        teluk penyu part2 adalah kunjungan saya kesekian kalinya ke tempat ini. namun kali ini tujuan utama saya adalah untuk melakukan test kamera film pertama saya. juga sekaligus roll film pertama saya. dimana sebelumnya saya terbiasa memotret menggunakan kamera digital dengan segala kemudahan pengambilan gambar yang dilakukan secara otomatis. kali ini saya mencoba melakukanya secara manual dengan menggunakan kamera film. alasan saya memilih tempat ini adalah karena saya ingin mempraktekan teknik "sunny 16 rule" ( akan dijelaskan lebih lanjut dibawah ) maka saya memilih pantai karena disini cahaya matahari sangat melimpah. untuk detail mengenai lokasi ini mungkin bisa dilihat di postingan sebelumnya



    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        karena kamera film pertama yang saya miliki keadaan lightmeternya mati. maka saya memanfaatkan teknik "sunny 16 rule" dalam pengambilan gambar untuk menentukan eksposure yang tepat. saya yang pemula ini juga belum terlalu paham secara detail konsep ini .. namun yang dapat saya pahami adalah cara ini bisa dengan mudah digunakan ketika cahaya matahari bersinar terik .. yaitu dengan men set aperture ke angka 16 maka speed yang digunakan sama dengan asa film yang dipakai .. karena film yang saya gunakan asa 200 maka speed juga di set 1/250( angka yang paling mendekati 200 ) jika kita pakai asa 400 maka speed yang digunakanpun mendekati angka 400. ingat dengan catatan cahaya matahari bersinar terik dan aperture konstan 16 maka setingan speed = asa . cara ini cukup efektif digunakan dari jam 10.00 keatas dimana posisi matahari sudah tinggi .. dan ingat cara ini khusus untuk pemotretan diluar ruangan, karena di dalam ruangan hitungan eksposure akan berbeda .. bahkan diluar ruangan pun ketika cahaya matahari tertutup awan hitungan eksposure sudah berbeda. meskipun tidak seakurat lightmeter bawaan kamera tapi cara diatas cukup dapat diandalkan

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        foto di postingan kali ini sebagian besar dipotret menggunakan setingan eksposure yang konstan ( kecuali beberapa foto yang diambil pagi hari ) yakni dengan setingan aperture : 16, speed : 250, asa : 200 saya cuma tinggal mengatur fokus dan komposisi dalam frame foto

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        peralatan jala yang digunakan nelayan lokal untuk menangkap ikan atau kerang di sekitar dermaga. foto diambil secara vertikal agar terdapat ruang dalam frame untuk menampilkan birunya langit saat itu

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        foto diatas diambil di waktu yang berbeda yakni pada pagi hari. namun masih ditempat yang sama. foto saya ambil dari dermaga pemecah ombak dan saya arahkan ke arah daratan karena samar-samar dari jauh terlihat penampakan gunung slamet( yang terletak jauh di wilayah kabupaten yang berbeda ) namun sayang tidak tertangkap dengan baik oleh kamera mungkin karena fokus yang kurang tepat

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        potret tiang-tiang lampu penerangan yang terdapat di sepanjang dermaga pemecah ombak

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        lengkungan dermaga mirip dengan foto saya di postingan teluk penyu sebelumnya, namun saya mencoba memotret dengan berbeda dengan ikut menyertakan tiang yang melintang secara vertikal seolah membagi menjadi dua gambar yang berbeda

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        foto diatas diambil dari area pantai dekat dermaga pemecah ombak. untuk mendapatkan foto diatas saya menunggu timing yang tepat ketika gelombang ombak sampai pada titik tertentu sehingga dalam frame membagi laut secara diagonal

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        serupa dengan foto sebelumnya. foto kali ini juga diambil dengan menunggu timing yang tepat ketika dua kapal bertemu tepat diujung dermaga

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        potret perahu nelayan di kejauhan. foto kali ini diambil tepat setelah fenomena gerhana matahari 2016

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        sebuah foto terakhir dalam roll pertama saya. dimana saya pikir dalam satu roll hanya mampu menghasilkan 36 foto namun ternyata tuas pemutar film masih bisa dikokang dan menghasilkan satu foto lagi

    minolta hi-matic 7 - fujicolor C200
        sebuah foto terakhir dalam postingan kali ini diambil tepat sebelum momen gerhana matahari 2016 yang dapat disaksikan di wilayah indonesia .. meskipun dari tempat saya tidak bisa melihat gerhana secara total. namun tetap merupakan momen yang sayang dilewatkan karena konon hanya akan terjadi lagi di tempat yang sama 300tahun kemudian .. jadi bagi kawan-kawan yang mau memotret gerhana di teluk penyu tunggu 300an tahun lagi .. saya memang tidak memotret gerhana.. tapi setidaknya saya punya foto momen matahari terbit sebelum gerhana matahari .. foto diatas juga membuktikan teluk penyu bisa dijadikan spot sunrise yang bagus. sekian saja postingan kali ini semua foto diambil menggunakan kamera film pertama yang saya punya yakni kamera : rangefinder minolta hi-matic 7 - film : fujicolor C200

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar