• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    welahan wetan part 1

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        welahan wetan adalah nama dari sebuah desa yang terletak di wilayah kecamatan adipala , kabupaten cilacap. desa ini merupakan salah satu dari beberapa desa di wilayah cilacap yang berbatasan langsung dengan laut( otomatis desa ini memiliki pantai dan akses langsung ke laut ). desa ini cukup menarik. karena meski berbatasan dengan laut, namun mayoritas mata pencaharian warganya bukanlah nelayan atau pencari ikan disekitar pantai, tetapi mayoritas warganya berprofesi sebagai petani. jadi jangan heran ketika disana anda tidak akan menjumpai perahu nelayan ataupun jala-jala ikan disekitar rumah warga. dan yang akan anda lihat adalah lahan pertanian yang terdapat disepanjang tepian pantai. saya mengetahui tempat ini karena desa welahan wetan merupakan tempat KKN( kuliah kerja nyata ) saya di awal tahun 2013.


    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        pemandangan salah satu sudut pantai di welahan wetan. dahulu di awal tahun 2013 saya mendengar wacana dari warga bahwa pantai welahan wetan direncanakan akan dipugar untuk tempat wisata. dan dengan melihat foto diatas sepertinya memang sempat terealisasikan( terlihat dengan adanya bangunan dari bambu semacam pos pengamatan ) namun sekarang terlihat kembali terbengkalai. itulah yang saya lihat ketika saya kembali kesana akhir tahun 2015 lalu. pantai ini masih sama sunyi nya seperti saat saya KKN disana.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        sebuah pantai sederhana yang tampak sepi seolah tak berpenghuni. mungkin bagi sebagian orang ini hanyalah sebuah pantai biasa tanpa adanya keunikan dan keindahan. namun bagi saya tempat ini merupakan sebuah tempat yang istimewa dan berarti. buat saya " sebuah tempat terasa istimewa bukan karena keindahan dan keunikan yang dimiliki tempat itu, namun kenangan yang kita ciptakan ditempat itu " dan disekitar pantai inilah dulu saya dan kawan kawan KKN saya kerap menghabiskan waktunya di sore hari usai menjalankan kegiatan program-program pemberdayaan. namun, tujuan saya kesana tentu bukan sekedar untuk bernostalgia. tetapi juga untuk mengetest sebuah kamera film menggunakan film expired yang saya beli dengan harga cukup terjangkau yakni film Kodak Proimage 100 yang sudah expired sejak 2008 silam.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        foto diatas adalah foto pertama saya menggunakan film kodak proimage expired. langit saat itu cukup cerah namun dengan menggunakan film expired membuat langit terlihat berbeda dan cukup menarik seolah memberikan kesan klasik pada foto.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        sampah terlihat berserakan disekitar pantai welahan wetan. pantai ini sebenarnya cukup bersih karena keadaanya yang sepi dan jarang dikunjungi. jadi sampah bukan karena sisa-sisa pengunjung pantai. tapi berasal dari laut, pada musim tertentu kerap datang sampah kiriman dari laut yang terbawa ombak dan terdampar di pantai. dan hal ini merupakan sesuatu yang umum terjadi hampir diseluruh wilayah pantai

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        ranting bambu yang terdampar di pantai saya jadikan sebagai foreground juga sebagai point of interest. sehingga membuat foto sedikit lebih baik dibandingkan jika tanpa adanya ranting tersebut

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        sebuah bangunan sederhana yang terbuat dari bambu. mungkin semacam pos pengamatan untuk petugas keamanan pantai. entah masih kerap digunakan atau sudah lama terbengkalai. di area pantai juga terlihat ada rumah semacam warung dan tempat parkir yang memiliki atap penutup. namun, pada saat saya kesana dalam keadaan sepi dan terlihat lama tidak digunakan.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        film expired membuat foto laut sederhana ini terlihat klasik layaknya melihat foto yang diambil pada masa lampau. menurut saya juga memberi sedikit kesan misterius dengan langit yang terlihat suram

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        jalanan kecil berpasir yang dilalui sebelum mencapai pantai. disekitar area inilah banyak terdapat lahan pertanian warga welahan wetan. sebagai info jalanan menuju pantai umumnya cukup kecil dan hanya dilalui motor. meski lebarnya cukup untuk mobil namun kondisi jalan yang masih berpasir membuat tidak direkomendasikan menggunakan mobil 

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        sebuah kolam yang cukup besar ini dulunya adalah bekas galian pertambangan pasir. ketika saya KKN awal 2013 silam ditempat ini merupakan penambangan pasir besi dengan skala yang cukup besar terlihat dengan keberadaan alat-alat berat dan lalu lalang truck pengangkut pasir. ketika saya kembali kesana semua sudah berubah tidak ada lagi mesin-mesin pengolah pasir, tidak ada lagi lalu lalang truck pasir disekitar desa, yang tersisa hanyalah lubang bekas galian yang telah terisi air.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        kolam bekas penambangan pasir ini umumnya berair tawar karena berasal dari air hujan yang mengisi lubang bekas galian. dan ditempat ini pula kerap dijumpai beberapa orang yang memancing ditepian kolam

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        foto yang sama seperti foto diatas namun saya ambil secara vertikal. dan mungkin karena kurang fokus dalam memotret sehingga hasilnya foto saya terlihat miring.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        sebuah penampakan baru. pemandangan yang tidak saya jumpai ketika dulu saya KKN disana. dahulu tempat ini merupakan wilayah muara sungai kecil yang melintas desa welahan wetan. terlihat kini semacam tanggul yang cukup tinggi memisahkan pemandangan laut lepas. entah pembangunan apa yang sedang dilakukan ditempat itu

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        salah satu sudut muara sungai yang belum terkena dampak pembangunan semacam tanggul. dahulu ketika KKN saya dan kawan-kawan menemukan wilayah muara sungai ini pada sore hari. dan pemandangan yang saya lihat benar-benar berbeda meskipun ini masih muara yang sama tempat dulu saya dan kawan-kawan menangkap beberapa ikan kecil disekitar muara.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        foto kelokan sungai kecil yang bermuara di laut lepas. langit yang sangat cerah dan biru saat itu. cukup tertangkap dengan baik oleh film expired dibanding dengan beberapa foto awal yang kondisi langitnya tampak sangat berbeda.

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        muara sungai yang saya ambil dengan sudut yang berbeda. berfokus pada gundukan tanah yang dipenuhi rerumputan seolah menampilkan sebuah daratan yang membagi dua perairan( air tawar dan air laut ) yang berbeda

    minolta hi-matic 7 - kodak proimage 100
        foto terakhir untuk postingan kali ini. saya memanfatkan sebuah daun pisang yang terapung sebagai point of interest dalam komposisi foto. daun itu diam disitu seolah tertinggal disana sendirian dimana yang lain mungkin telah hanyut dan mengembara ke laut lepas.. seperti kenangan saya yang tertinggal ditempat tersebut..kenangan singkat bersama kawan-kawan seperjuangan KKN. saat-saat dimana saya belum mengenal apa itu istilah " fotografi ". saat-saat dimana memotret terasa menyenangkan meski dengan kamera handphone. dan saat-saat dimana saya menyesal kenapa saat itu saya belum mengenal fotografi dan memiliki kamera( yang tidak tertempel pada handphone ) karena banyak momen dan foto bagus yang bisa saya hasilkan disana pada saat itu.. dan kesenangan memotret disana itu pula yang mengawali saya membeli kamera dan mulai mempelajari dan menyukai " fotografi " . dan postingan ini juga saya dedikasikan untuk kawan-kawan KKN saya :
    - Wilson Candra T P
    - Rizky Pambudi
    - Habibi Muammar Irvan
    - Herdina V. V. Siagian
    - Lina Nurhasanah
    - Hani Rafikasanti
    - Septa Novitasari
    semoga berkenan dengan foto-foto sederhana saya. semua foto diambil menggunakan kamera film. rangefinder minolta hi matic 7 dengan film Kodak Proimage 100 ( expired 2008 )

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar