• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    dalam kereta part 2

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        dalam kereta part 2 menjadi judul postingan kali ini. merupakan kumpulan karya fotografi yang saya ambil dari dalam kereta api tepatnya saya lakukan pada pertengahan 2016 jeda yang cukup lama sekali dari postingan dalam kereta part 1. foto semua saya ambil dalam perjalanan kereta api tujuan purwokerto-jakarta dan juga sebaliknya. ketika itu dalam waktu 2 bulan saya melakukan perjalanan sekitar tiga kali pulang-pergi dari jakarta-purwokerto. postingan kali ini berisi kumpulan foto-foto sederhana yang saya potret saat itu. sembari menunggu sampai tujuan, maka untuk mengisi waktu saya memilih memotret objek pemandangan diluar kereta.


    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pemandangan salah satu tempat yang mungkin masih berada di area sekitar bumiayu. saya kurang tahu tepatnya. namun hanya di area sekitar bumiayu saya masih melihat adanya perbukitan seperti foto diatas. setelah melewati bumiayu umumnya pemandangan diluar hanyalah berupa hamparan sawah.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        area persawahan yang umum dijumpai hampir sepanjang perjalanan. saya potret karena tertarik dengan kondisi background yang didominasi kepulan awan yang cukup tinggi. foto saya jadikan hitam putih untuk menambah kesan dramatis.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        masjid dengan kubah berwarna keemasan. yang saya ambil mungkin area sekitar cirebon( saya kurang ingat tepatnya dimana ). warnanya yang cukup kontras membuat saya tertarik untuk mengabadikanya. perjalanan kali ini juga sebagai tantangan baru (menggunakan lensa manual) dan juga test lensa yang berbeda dibanding postingan sebelumnya.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        foto sederhana yang saya ambil dengan menunggu momen ketika seorang petani masuk terframing( saya kurang paham istilah lain yang lebih tepat ) ke dalam gubuk kecil. salah satu manfaat juga memotret dalam kereta melatih refleks kita menekan shutter dan timing dalam mengambil momen. selain itu juga melatih kecepatan kita dalam melakukan komposisi foto.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        potret area persawahan yang kering dan gersang. namun bagian pematang sawah yang masih hijau menjadikan warna yang cukup kontras memperlihatkan dengan jelas petak-petak sawah yang ada. pohon dan gubuk saya jadikan point of interest dalam foto. namun timing pengambilan yang kurang tepat sehingga membuat pohon dan gubuk seolah bertumpuk jadi satu.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        sekumpulan pepohonan yang berada ditengah sawah membuat saya tertarik untuk mengabadikanya. terlihat kontras sekali karena hanya sekumpulan pohon itu saja yang ada disana ditengah hamparan sawah yang luas.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        area yang dipenuhi rerumputan( jenis rumput gajah yang biasa digunakan untuk pakan sapi) yang cukup lebat dan luas. salah satu efek hasil pemotretan di kereta membuat area foreground akan blur seolah seperti tertiup angin. dimana sebenarnya itu adalah akibat efek kereta yang bergerak( bukan rumputnya yg bergerak).

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        sebuah ladang pertanian yang ditanami tanaman yang berbeda. sehingga terlihat sekali perbedaan warnanya. foto juga terlihat memiliki beberapa lapisan elemen warna dan bentuk yang berbeda meskipun warnanya tidak terlalu kontras satu sama lain.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        potret ladang pertanian dengan lapisan elemen yang berbeda sama seperti foto sebelumnya. hanya saja kali saya jadikan hitam-putih sehingga lebih menonjolkan tekstur atau patern. ladang ini cukup unik dengan adanya potongan bambu yang disusun disekitar tanaman yang diikatkan satu sama lain untuk melindungi tanaman dan juga sebagai penyangga agar tanaman tetap tegak berdiri.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        potret lahan pertanian yang terbakar. bukan karena kebakaran namun umumnya sengaja membakar untuk membersihkan kumpulan sisa padi yang kering pasca panen. foto saya ubah hitam-putih agar kepulan asap dapat terlihat lebih jelas dan lebih dramatis.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        potret sederhana sebuah rangka bangunan yang terbuat dari bambu. entah untuk dijadikan apa nantinya. foto saya framing dengan kumpulan pohon pisang yang juga sebagai foreground foto.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        sebuah bukit di kejauhan yang saya framing diantara dua pohon yang hanya menyisakan ranting saja. kondisi pencahayaan saat itu cukup kontras karena terdapat area yang gelap tertutup awan ada yang terang. sehingga saya jadikan hitam-putih untuk lebih menampilkan kontras yang jelas antara bagian gelap dan terang

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        lahan pertanian bawang yang saya ambil di sekitar area brebes. sama seperti foto sebelumnya di foto ini pencahayaan juga menunjukan hal yang kontras antara bagian gelap dan terang. namun kali ini saya memilih warna agar menampilkan indahnya lahan tanaman bawang yang hijau.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        potret kali ini saya ambil menggunakan konsep leading line. karena adanya celah diantara tanaman bawang menghasilkan garis-garis yang seolah menuju pada satu arah. dan cukup jelas terlihat meski dari kejauhan. sementara pohon di kiri foto saya jadikan elemen point of interest.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        sebuah aliran sungai kecil menjadi elemen leading line yang cukup jelas terlihat. dengan adanya seorang berjalan di tepian yang kontras sekali terlihat. sungai ini juga seolah membagi ke dalam lahan yang berbeda. karena terlihat bentuk dan arah petak lahan tanaman bawang di kedua sisi yang saling berbeda namun justru menghasilkan pemandangan yang cukup unik buat saya pribadi.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        foto terakhir dari postingan kali ini. juga foto terakhir yang saya ambil ketika saya meninggalkan jakarta (sampai tulisan ini dibuat saya belum kesana lagi). untuk foto kali ini selain saya menggunakan kamera yang berbeda juga menggunakan lensa yang berbeda. sehingga tingkat kesulitan yang berbeda karena sebelumnya menggunakan lensa auto fokus kali ini saya ambil menggunakan lensa manual fokus. selain itu kemampuan lensa yang tidak sebaik sebelumnya membuat kualitas gambar mungkin lebih buruk. lensa yang saya gunakan memiliki karakter yang soft di bagian tepi foto ditambah kaca film di kereta yang kurang baik membuat warna tidak tampil maksimal( dan itu pula alasan banyak foto saya ubah menjadi hitam-putih). dan saya ucapkan banyak terima kasih untuk yang sudah berkenan membaca postingan sederhana saya. sebuah kumpulan foto sederhana yang bisa dilakukan siapa saja yang bepergian dengan kereta. semua foto diambil menggunakan kamera mirorless nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar