• home
  • zona perairan
  • zona pegunungan
  • zona daratan
  • eksplorasi
  • project
  • pencarian

    muara serayu part 2

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        muara serayu part 2 adalah kunjungan saya ke salah satu sisi muara serayu yang berbeda dibanding postingan sebelumnya. jika sebelumnya saya berada di sisi barat sungai serayu maka sebaliknya kali ini saya mencoba mengunjungi sisi timur sungai serayu. bagi yang sudah pernah membaca muara serayu part 1 mungkin sudah tahu bahwa disana saya tidak bisa mencapai pantai karena terhalang sungai. namun kali ini di sisi sebelah timur saya bisa dengan mudah mendapat akses ke pantai dan dengan pemandangan yang berbeda pula, jika kunjungan sebelumnya saya lakukan pada siang hari maka kali ini saya lakukan sore hari dengan tujuan untuk memotret sunset di muara serayu.


    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        perjalanan kesana saya lakukan sekitar pertengahan tahun 2016. untuk akses kesana cukup berbeda dari sebelumnya yakni ketika kita menuju cilacap(dari arah purwokerto) lewat jalan utama maka akan menjumpai pertigaan maka kita ambil kiri ke arah adipala( jika ke cilacap lurus saja ) maka tidak lama kita akan melewati sebuah jembatan sungai serayu. dan anda akan melihat pemandangan seperti foto diatas.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        setelah melewati jembatan maka tidak jauh ada jalan ke kanan( arah PLTU bunton ) di jalan masuk itu biasanya banyak truk penambang pasir lewat. setelah itu tinggal menelusuri jalan sampai mendekati PLTU bunton lalu ikuti jalan yang dilalui truk penambang pasir. jalan itu juga melewati perkampungan penduduk dan ketika sampai perkampungan saya ambil jalan lain yang biasa dilalui motor. foto diatas diambil dekat perkampungan.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        setelah melewati jalan berpasir sekitar perkampungan warga. kita akan sampai pada area terbuka yang cukup luas berupa rerumputan yang lebih seperti rawa karena banyak terdapat genangan air disana. dari sini juga terlihat pantai sudah cukup dekat dan terdengar jelas suara deburan ombak.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        sungai kecil yang kita lewati tepat setelah melewati perkampungan warga. terdapat jembatan disana jadi perjalanan masih bisa terus dilanjutkan menggunakan motor. namun jalan yang saya lewati tidak bisa dilalui mobil. jika menggunakan mobil mungkin bisa mengikuti jalur truk penambang pasir tetapi tetap tidak direkomendasikan untuk mobil biasa karena medan berpasir yang lebih seperti medan off road.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pemandangan di salah satu tepian sungai kecil. dan disana saya melihat dan mengenali jenis tanaman yang sama yang juga saya temui di sisi barat muara serayu. sebuah tanaman dengan bentuk daun yang cukup unik. tanaman tersebut saya jadikan foreground dalam foto diatas. terlihat pula tanaman serupa di seberang sungai.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        masih di aliran sungai yang sama. namun diambil dengan sudut yang berbeda. mencoba menampilkan kelokan sungai. juga karena tertarik adanya sebuah kotak styrofoam yang tergeletak begitu saja disana saya masukan dalam komposisi foto sebagai point of interest karena warnanya yang kontras.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pepohonan yang mungkin satu-satunya saya temui di area tersebut terlihat cukup berbeda. entah hanya tersisa tiga pohon saja ataukan memang hanya ketiga pohon tersebut yang berada disana. foto saya jadikan hitam-putih agar terkesan lebih kelam.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        aliran sungai yang sama dengan foto sebelumnya namun saya ambil secara horizontal dengan komposisi sesederhana mungkin. hanya ingin menonjolkan warna saja yang didominasi oleh warna hijau dan biru yang cukup kontras.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        perjalanan kembali dilanjutkan menuju arah barat semakin mendekati arah muara sungai serayu. terlihat di kejauhan PLTU karang kandri seperti di postingan sebelumnya. dan cukup beruntung sore itu cuaca cukup cerah sehingga peluang mendapatkan foto sunset cukup besar.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pemandangan yang cukup unik dan berbeda di sisi sebelah selatan. sekumpulan pohon kelapa yang berada ditengah rawa yang tergenang air. dan sayangnya meski sekilas tidak terlalu terlihat namun dibelakang pepohonan terdapat tower sumber tegangan yang cukup menganggu keindahan detail foto.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        potret PLTU karang kandri di kejauhan seolah terlihat dekat dan dikelilingi pohon kelapa. dari jalan ini tidak lama kita akan melewati sungai lagi namun dengan keadaan jembatan yang cukup parah( hanya muat untuk dilalui satu motor saja) dan tidak direkomendasikan untuk pengendara motor yang kurang piawai.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        setelah menyeberangi jembatan maka kita akan sampai di area dimana terdapat banyak aktivitas penambangan pasir skala kecil yang hanya menggali pasir disekitar untuk kemudian disaring menggunakan penyaring sederhana untuk mendapatkan pasir yang halus. terlihat banyaknya gundukan-gundukan pasir pada foto diatas.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pemandangan di arah sebaliknya( bagian timur). terlihat PLTU bunton yang lokasinya cukup dekat. terlihat pula sebuah genangan air yang cukup luas seperti kolam yang berukuran cukup luas. namun sebenarnya tidak dalam hanya sebatas pinggang orang dewasa. mungkin hanyalah sisa air pasang yang belum surut

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        perjalanan dilanjutkan ke arah pantai. dan dari tempat penambangan pasir sebelumnya saya memarkirkan motor bersama dengan motor-motor para penambang pasir. dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah selatan terlebih dahulu untuk melihat pantai.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pantai dengan pasir hitam yang cukup indah dan sepi. jadi berasa di pantai pribadi. disini benar-benar bisa menikmati keindahan dan keheningan pantai ditambah dengan cuaca cerah sore itu. membuat saya betah disana memandang laut.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        potret PLTU bunton dari pantai terlihat cukup dramatis dengan kondisi pencahayaan saat itu dimana hanya sebagian cerobong saja yang tersinari cahaya sementara sebagian lainya tertutup bayangan awan. dan saya ubah foto menjadi hitam putih untuk semakin menegaskan antara bagian gelap dan terang.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pemandangan disisi sebaliknya yakni arah PLTU karang kandri. masih berupa foto hitam putih dengan memanfaatkan batu di tepian pantai sebagai bagian point of interest. dan karena memotret dengan posisi menghadap arah matahari terbenam maka objek PLTU hanya berupa silhuete

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        objek batu yang sama dengan foto sebelumnya namun kali ini saya lebih mendekat dan diambil secara vertikal untuk lebih menampilkan kepulan awan hitam yang menutupi matahari. dan hitam putih jadi pilihan untuk kesan yang lebih dramatis dengan kontras yang lebih terlihat jelas

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        pemandangan sunset saat itu. saya ambil secara vertikal juga untuk menampilkan bekas jejak kaki di pasir yang saya manfaatkan sebagai elemen leading line dalam komposisi foto. ketiadaan filter gradual ND membuat saya memfokuskan metering ke pasir untuk menegaskan konsep leading line, namun dengan konsekuensi detail langit cenderung over eksposure.

    nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4
        foto terakhir di postingan kali ini. masih sama dengan sebelumnya diambil dengan konsep leading line. namun kali ini diambil secara horizontal dan menggunakan awan sebagai elemen leading line. dan disini juga perjalanan saya berakhir karena tepat di depan muara serayu yang memisahkan PLTU karang kandri. dan diatas hasil foto sunset sederhana yang bisa saya dapatkan. meski matahari masih cukup tinggi(sekitar jam 5 lebih) namun ketika semakin sore mendekati jam 6 matahari justru tertutup awan dan kemudian berganti langit mendung di arah barat sehingga saya juga mulai berkemas pulang karena di arah utara juga mulai mendung. dan sebagai informasi dari tempat saya memarkirkan motor sampai spot diatas perlu berjalan kurang lebih 1km namun tidak akan terasa karena pemandangan indah di tepi pantai. demikian saja postingan kali ini. saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkenan membaca postingan sederhana saya. semua foto diambil menggunakan kamera mirorless nikon v1 - goldinar tv lens 25mm 1.4

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar